Sponsor Links

Thursday 7 June 2007

Tips jalan-jalan dengan anak.



Buat ngebahas thema yang aku jadikan judul, aku dongengin pengalamanku . Aku kisahkan kegiatan kami, biar mungkin bisa jadi input buat teman2 yang merasa kalo punya anak bakal repot, bakal gak punya waktu untuk punya kegiatan atau buat jalan-jalan, gak bisa bersosialisasi, dll, dll.
Begini.
Tahun ini perayaan Fête des Mères atau perayaan hari ibu di Perancis jatuh pada tanggal 3 Juni.
Keluarga kami rayakan tradisi ini secara marathon dan full sibuk sejak hari Sabtu tanggal 2 Juni.

2 Juni, bangun pagi jam 05.00, siapkan diri terus bangunkan anak dan siapkan mereka.
Jam 6 liwat kami berenam sudah meninggalkan rumah menuju parkiran kantor Airbus. Hari itu memang ada acara jalan jalan yang diarrange untuk karyawan Airbus Industrie.
Jam 6.45 bus kami sudah meninggalkan parkiran kantor Airbus di Toulouse Blagnac (France) menuju Marineland Palafolls, yaitu MarineLand yang berada di kota kecil Palafolls (letaknya di pinggiran kota Barcelona, Spain).

Di sana kami nikmati pertunjukan singa laut, pertunjukan Dolfin, pertunjukan burung2. Terus kami juga berenang dan menggunakan berbagai jenis perosotan di air seperti Crazy Wave, Black Hole, dll. Karena keren banget, pertunjukan Singa Laut dan pertunjukan Dolphin kami tontonin sampai 2 kali !
Kami juga kunjungi taman burung yang ada di dalam MarineLand. Koleksi burung di sana bagus bangets.
Tiba kembali di rumah sudah jam 11 malem lewat, kami sekeluarga tidur menjelang midnight (termasuk Anais yang baru 11 bulan ikutan begadang, masih seger aja gak mau tidur sampai saat kami tidur) .

3 Juni,-hari h nya - lagi lagi acara padat : ada komuni pertama anaknya tetanggaku dan aku sudah janji untuk jadi photografer di gereja. Sebelum ke gereja, sempat ketamuan teman lama kami Cathy dan Dick. Mereka adalah pasangan suami istri asal Amerika yang pernah tinggal di Toulouse dan telah menjadi sahabat suamiku sejak masih lajang. Setelah mereka kembali ke Amerika, mereka masih hampir setiap tahun kembali ke France untuk jalan-jalan. Kami iyakan untuk mereka bertamu di hari minggu itu karena hanya hari itu yang mereka bisa, hari lainnya mereka udah menuju ke kota lain.

Kami cuman ngeteh bersama Cathy dan Dick, terus mereka nikmatin Cherry yang merah menggoda di pu'unnya langsung kemudian petik bbrp buat bekal lalu kami foto bersama sebelum mereka berlalu.

Malam tanggal 3 Juni kami mengundang 5 orang dari Middle East Airlines (airlinesnya negara Lebanon). Mereka adalah clientnya suami yang sedang bisnis meeting penuh selama 10 harian di Toulouse. Dua diantaranya sudah aku kenal dan bahkan sudah layaknya saudara (di lain waktu aku akan ceritakan bagaimana sampai kami bisa sodaraan dengan orang Lebanon).

Jadilah hari itu hari yang padat bin sibuk dari pagi sampai malam.
Tapi menjadi hari yang berkesan juga karena anak2ku walau masih kecil (masing2 7 thn, 5, dan 3 thn, terus yg bungsu baru hampir 11 bulan); tapi mereka juga ikut bantu2. Richard motong rumput, dia juga yang ngatur piring2 dan peralatan makan di meja. Aimeric dan Mentari ikut bantu Richard ngatur meja, dan juga jagain bébé Anais.

Malamnya anak2 memberi kado hasil karya mereka. Aku pengen nangis waktu Mentari "bacain" puisinya. Aku pake tanda kutip di kata bacain karena sebenarnya dia belon bisa baca, dia cuman ngapalin kata2 puisi itu dan dia lantunkan dengan berirama dan dengan volume suara yg berbeda (kadang suaranya kenceng, kadang berbisik). Ah, nona kecilku yang satu ini memang special banget.

Apa yang mau kita petik dari "pengalaman marathon"ku selama wiken kemaren ?

* Banyak anak dan anak masih kecil gak perlu menjadi penghalang untuk acara jalan-jalan keluarga maupun untuk menerima tamu. Gak repot, yang perlu cuman niat dan lakukan dengan gembira (gak perlu mikirin repotnya karena yang begituan gak ada repotnya samsek. kalo kita mikir ribet, refot, yang ada kita gak bisa menikmati, yang ada cuman capek doang).

Rahasia / tips jalan-jalan dengan anak agak bisa enjoy :
1. Beri bayi anda ASI, sehingga kalo jalan2 dengan bayi gak perlu seperti pindahan rumah, cukup bawa diri aja.

2. Biasakan anak2 untuk mandiri. Anak2ku (kecuali Anais yg masih bayi) malam sebelumnya sdh siapkan ransel dan baju ganti + mainan masing2 dan itu menjadi tg jawab masing2 selama perjalanan.

3. Biasakan anak2 untuk jalan kaki. Selama jalan2 kami, yg di kereta dorong hanya bébé Anais, 3 anak lainnya jalan, gak ada yg digendong.


4. Delegasikan tugas ke anak2. Jangan anggap remeh kemampuan mereka. Aku aja kagum banget dengan kemampuan Richard menjaga / ngemong adik2nya, kemudian ia juga menata meja makan untuk tamu. Memberikan kerja ke anak dan memuji hasilnya akan menumbuhkan self esteem ke anak tsb.

Selamat jalan-jalan dengan anak, selamat menerima tamu. Jangan karena anak menghalangi kegiatan kalian, lakukan sekarang juga apa yang ingin kalian lakukan, jangan tunggu karena waktu yang berlalu gak akan kembali lagi.

Berikut beberapa fotonya




Aimeric dan Mentari sedang baca puisi2 mereka



Tamu Lebanesse sedang menikmati Cherry di bawah pu'unnya

Dinner di Veranda rumah kami



Foto bersama Cathy dan Dick




Antoine bersama ortunya setelah misa komuni pertama




Salah 1 Toboggan / perosotan di Marineland Palafolls





Salah satu atraksi burung




Salah satu atraksi Dolphin.


2 comments:

  1. Halo Ibu Julia,

    Salam kenal ya
    thanks udah berkunjung ke blog saya

    hm....photo photonya menarik sekali

    salam

    faif

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Bro Faif. Makasih tuk kunjungan balasannya. Jangan bosen utk saling kunjungan ya? Salam sukses !

    ReplyDelete