Sponsor Links

Wednesday 20 June 2007

Tips Menanam dan Merawat Iris



Bila ingin mempunyai taman yang indah di musim semi, tanam bunga Iris.
Positif poin dari bunga Iris :
* Sangat banyak varietas yang tersedia dalam berbagai bentuk dan warna, dari warna coklat, orange, biru, ungu, kuning, putih dan campuran warna- warna tersebut.
* Bunganya wangi
* perawatan yang sangat mudah, gak perlu di apa2kan juga tumbuh dan berbunga.
* sangat jarang bahkan gak ada gangguan hama dan penyakit
* berkembang biak dengan cepat



* Sekali beli, tanamannya akan tahan hidup dan berbunga setiap tahun bahkan semakin hari smakin banyak



Negatif poinnya : Tidak berbunga sepanjang tahun, bunganya hanya bisa dinikmati selama kurang lebih 1 bulan di musim semi atau kalo tanamannya subur terkadang berbunga kembali di akhir musim gugur / awal musim dingin.

Cara menanam & merawat Iris
* Pilih tempat yang terkena sinar matahari langsung. Bila Iris berada di daerah yang teduh maka ia hanya tumbuh dan hasilkan banyak daun tapi tidak berbunga.
* Tanam rhizome / akar simpang tidak terlalu dalam, bahkan sebaiknya sebagian rhizome masih terlihat muncul dipermukaan tanah.
* Sirami seperlunya, tidak tiap hari juga tak mengapa
* Sebulan - 2 bulan setelah Iris selesai berbunga (jatuhnya di pertengahan bln Juni), potong daun2nya sampai tersisa kurang lebih 5 cm dari rhizome. Tindakan ini untuk membuat Iris menghasilkan rhizome yg lebih besar dan memunculkan tunas2 bakal bunga yang lebih banyak.
* Pupuk seperlunya (punya saya tidak pernah dipupuk , tapi selalu berbunga)
* Bila kumpulan tanaman sudah tumbuh terlalu padat / berhimpit, maka bongkar tanaman dan pisahkan lagi jarak antara rhizome sehingga anda akan punya semakin banyak bunga Iris dan bunga yang muncul akan tetap terjaga kualitas / ukurannya.



Selamat menanam Iris !

1 comment:

  1. Hi Bunda,

    Thank's buat infonya ttg iris ini, saya juga baru aj menanamnya beberapa bulan yang lalu, subur banget sih Bun, tapi aku bingung abis berbunga keluar cabang2 baru seperti bakal tanaman kecil yang baru banyak banget, terus terang bingung awalnya. Kirain itu calon tanaman baru terus tumbuk ke bawah jadi yang baru, eh tiba2 rontok sendiri ..

    Bun kasih tahu donk cara ngembang biakin, apa caranya calon tumbuhan yang baru tadi dipotongin aj, trus langsung ditanam lagi, trus tahunya ini calon yang baru udah siap gimana ya Bun ..

    Sorry ya, kebanyakan nanya, tapi thank's for advance ..

    Salam kenal ya Bun ...

    ReplyDelete