Sponsor Links

Friday 22 June 2007

Fête de la Musique

Selamat datang Musim panas !
Yup, hari ini 21 Juni adalah hari pertama musim panas. Di tgl 21 juni ini untuk belahan dunia bagian utara, matahari paling lama menyinari bumi sebelum masuk ke peraduan di bandingkan hari hari lain sepanjang tahun. Sebaliknya di belahan bumi bagian selatan tgl 21 Juni adalah hari dengan lama penyinaran matahari yg terpendek, saat belahan bumi selatan memasuki musim dingin.

Setiap tgl 21 Juni, di seluruh daratan Perancis dan negara bagiannya, dilakukan Fête de la Musique (The Festival of The Music). Pelaksanaan Fête de la Music thn ini adalah pelaksanaan yg ke – 26. Dilaksanakan pertama kali pada tgl 21 juni 1982, setelah dirancang oleh Mr Jaques Lang, yg pada masa itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan Perancis pada tahun 1981.
Bandnya ABG

Setelah pelaksanaan pertamanya yg sukses, perayaan Fête de la Musique semakin lama semakin berkembang dan dalam jangka waktu kurang dari 15 tahun telah tersebar di 150 negara di 5 benua (pada thn 200 diselenggarakan di 117 negara). Di Europe negara2 tetangga seperti Belgia, Jerman ; Swiss, Luxemburg, Inggris juga ikut merayakan Fête de la Musique, walo perayaan di negara2 tsb hanya di kota2 besarnya.

Sependek pengetahuanku, di kedutaan perancis di Indonesia juga melakukan Fête de la Musique untuk kalangan terbatas.

Pada hari ini, di di seluruh daratan Perancis , di cafe, di perempatan jalan, di plaza2 digelar fête de la musique. Jenis music yg digelar berbagai macam : pop, rock n roll, jazz, classic, country dan berbagai jenis music lain yg dikenal di dunia. Penyanyi mulai dari yg professional sampai yg amatiran tingkat RT / RW. Pemainnya mulai dari dari berbagai tingkatan usia. Saat perayaan Fête de la Musique ini biasanya anak-anak muda yang cita2nya menjadi penyanyi, pemain band, musisian dan yang sejenis, pada tampil menunjukkan kebolehannya dengan harapan dilirik producer untuk rekaman ataupun memiliki karier yang lebih baik.

Yang nonton dari bayi usia beberapa minggu, sampai para manula. Di sini anak2 pada ketemuan sama teman sekelasnya, yang balita pada lari kejar2an yang abg pada ngeceng. Sambil dengar musik ada yang dansa dansi. Para ortu ketemu rekan kerja dan ngobrol. Ada yang duduk duduk di cafe, makan hotdog, minum bir. Gak lupa ada yang bawa anjing juga. Para anjing pada ketemuan saling cium2an, saling gonggong. Segala tingkah polah ada di sana. Suasananya mirip2lah dengan suasana pasar malam di Indonesia .

Kami sekluarga -termasuk Anais (11 bulan) ikutan juga berpindah dari panggung yang satu ke yang lain, kami nikmati musik jazz, kemudian ke music rocknya anak muda & abg, terus pindah lagi ke bagian paduan suara tapi dengan lagu pop. Pindah lagi mo liat pagelaran akustik tradisional afrika tapi pas nyampe mereka baru bubaran. ya telat !

Nah ini dia beberapa hasil jepretanku malam ini, gak begitu bagus karena aku gak bawa tripod



Paduan Suara dgn lagu pop












Nenek2 dansa dansi

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete