Sponsor Links

Wednesday 23 May 2007

Tips menanam Mawar / Rose / Rosier

Anda pencinta bunga Mawar / Rose / Rosier?
Sama, aku juga sukaaaaaaaa bangets sama mawar, sampe punya koleksi mawar lebih dari 60 jenis dan pengen nambah terus sampe gak tau berapa.

Positif point dari tanaman ini :
- Jenisnya sangat banyak dengan aneka warna dan kombinasi warna yg sangat bervariasi, aneka jenis parfum.
- Bentuk pohonnya juga macam2 ada yg mini shgbisa ditanam bergerombol sebagai penutup tanah, ada yg bisa sebagai pager, ada yg merambat sehingga bisa dipakai untuk mempermanis dinding rumah yg keras atau juga dibuat merambat di pergola ; bisa juga di tanam di pot.
- Berbunga tanpa henti (kalo di negara 4 musim dari bulan Mei sampe saat suhu setempat drop 0°C atau mendekati 0°C.
- Perawatannya mudah, asal tau caranya.
- Adalah tanaman tahunan, sekali beli bisa tumbuh sampai puluhan tahun.

Negatif point menurut aku cuman satu : berduri yang kalo ketusuk aïe aïe sakit euyyy.

Rahasia agar Mawar / Rose rajin berbunga :

1. Buat lobang yang besar dan dalam (50 x 50 x 50 cm).
Selamat nyangkul yg dalem yak, bakalan keringetan, dijamin hehehe.
Lobang ini kemudian diisi dengan campuran tanah, pasir, kompos / pupuk kandang dengan perbandingan yg yang sama (1 : 1 : 1). Perlu diingat kompos dan atau pupuk kandang adalh yg sudah jadi bukan yg masih seger. Kalo masih seger ntar pada matek tuh mawar, mana bau lagi kikikik, becande dikit biat semangat yg mo nyangkul (ntar kalo nyangkul sambil inget tulisan ini yak, inget pupuk kandang segerrr yg baunya gak seger hehehhe)

Lobang yg besar dan dalam ini akan mempermudah akar mawar berkembang dan menyebar luas dan dalam di tahun pertama kehidupannya, sehingga dia akan tahan terhadap serangan penyakit, lebih tahan terhadap kekeringan.

Untuk yg ditanam di pot sehingga gak bisa punya lobang sedalam dan seluas ukuran di atas jadinya gimana ? Usahakan pakai pot yg besarnya paling tidak mendekati; kalo gak bisa resikonya mawar tersebut frekwensi pemberian pupuk maupun penyiramannya harus lebih sering daripada mawar yg ditanam langsung ke tanah (kalo yg ditanam di tanah disiram bisa sehari sekali, yg di pot harus disiram sehari dua kali, pagi dan sore

2. Penyiraman.
Di masa sebulan or 2 bulan pertama kehidupannya, mawar harus disiram secara teratur setiap hari. Ingat, jika di siram pada pagi hari, JANGAN siram daunnya, siram hanya tanah dibawahnya. Daun boleh disiram di sore hari saat sudah gak ada matahari.

3. Pemangkasan.
Pemangkasan sangat diperlukan bila ingin mawar berbunga banyak tanpa henti.
Pemangkasan / prunning di negara 4 musim dilakukan di musim gugur dan atau menjelang musim semi ( jadi bisa sekali atau dua kali setahun). Jangan ragu untuk memangkas, karena akan muncul tunas baru dengan tangkai yg lebih panjang (kalo gak dipangkas tangkai bunga mawarnya pendek2 saja, bunganya juga gak banyak). Saat pemangkasan buang dahan2 kering, buang cabang2 yg mengarah ke dalam tanaman (buat agar tanaman bisa mudah "bernafas").
Buang juga tangkai yg bunganya sudah layu.

4. Pemupukan.
Lakukan pemupukan secara rutin, saat musim semi dilanjutkan sekali sebulan selama masa berbunga. Pupuk bisa pakai pupuk organik atau pupuk buatan yg khusus untuk mawar.
Lakukan pemupukan sekaligus menggemburkan tanah di sekitar batang mawar + cabut rumput / tanaman liar / gulma yang menggangu.

5. Pemberantasan hama dan penyakit.
Untuk memberantas hama maupun penyakit aku cuman pake satu macam "obat" yg organik : Bouillie Bordelaise / Bordeaux Mixture. Buat campuran ini sesuai takaran yg ada di kemasannya, semprotkan bila terlihat tanaman terkena penyakit. Untuk kutu kecil yg menyerang pucuk2 muda aku menggunakan metoda tangan (hihihih iya tangan untuk memencet itu kutu2 sampai tak bernyawa ... sadis yak ?)

6. Komunikasi
Yup, bicaralah dengan mawar, puji dia, nikmati indahnya, hirup kesegaran wanginya. Mawar yg diajak komunikasi dan sering di"hargai" jerih payahnya dalam memberikan keindahan akan rajin berbunga.

Okay segitu dulu gambaran singkat, ntar aku jelasin lebih detil lagi kalo ada yg nanya.
Selamat menanam mawar ya, siapa tau yg belon punya jadi suka untuk nanam kemudian berkembang menjadi peluang usaha buat nyari duit ?.

Blagnac, 23 May, 2007

Note : Tulisan ini dibuat utk Mindy & Ivona yg nanya cara menanam & memelihara Mawar dan semua pecinta tanaman hias mawar / rose / rosier di mana saja berada
Buat yg belum tergoda dgn mawar, aku ngasih sebagian foto2 mawar yg ada di tamanku (semua foto yg ada di tulisan ini adalah mawar di tamanku, difoto oleh diriku sendiri)

Related post :

8 comments:

  1. wah thanks banget tips merawat mawarnya, koleksi saya barusan beberapa, kira-kira dimana bisa beli jenis yang lainnya spt di foto-foto itu...sekalian juga agar tips agar bunga mawar ketika berbunga selanjutnya tetap besar dan segar, krn ketika saya beli dan ditanam di rumah bunganya saat berkembang kembali kecil-kecil...pls donk tipnya. Thanks !

    ReplyDelete
  2. Bunda.. pertanyaan sy kurang lebih sama dgn Aerblue :
    1. Tips agar bunga sama indahnya spt waktu qt pertama beli
    2. Dimana sy bs membeli mawar hutan yg merambat cantik spt di foto?
    3. Apa nama pupuk khusus mawar? apa bs diganti NPK biasa? atau Dekastar?
    4. Obat pembasmi kutu/hama bs sy peroleh dimana?
    Thanks!

    ReplyDelete
  3. thanks bunda buat tips merawat mawar, nti aq kasih tau bapak aq. Asal bunda tau, kalo bapak aq rajin nanam bunga, en aq sebagai anaknya rajin ambil bunganya he3 (jangan sampe bapak tau, bahaya !!!!)

    ReplyDelete
  4. bu... izin ya, saya mo bagi-bagi tipsnya ke orang lain...
    tisnya bagus lo bu dan bermanfaat.
    ibu baik deh, dan pasti cntik juga.. boleh kenalan kan bu

    ReplyDelete
  5. wah, thanx tipsnya.. jadi pengin ikutan melihara mawar =P~

    ReplyDelete
  6. Thanks banget tips'y dah bikin ideQ lancar kembali. Jadi pengen membudidayakan mawar neeh!

    Salam kenal tuk bunda. ;-)

    ReplyDelete
  7. Thanks ya bunda ats tips'y.

    Saya jadi semangat lg nih menanam mawar.

    Salam kenal tuk bunda ;-)

    ReplyDelete