Sponsor Links

Friday, 3 August 2007

Rahasia Menanam Mawar


Dari postingan sebelumnya tentang cara menanam mawar , pembaca lebih lanjut menanyakan :
1. Tips agar bunga sama indahnya spt waktu pertama beli2. Dimana saya bisa membeli mawar hutan yg merambat cantik spt di foto?
3. Apa nama pupuk khusus mawar? apa bisa diganti NPK biasa? atau Dekastar?
4. Obat pembasmi kutu/hama bisa saya peroleh dimana?

Jawaban Bunda :
Aerblue dan aNa, makasih pertanyaannya. Maaf baru direspons sekarang.

1. Untuk memperoleh bunga mawar yang indah, ukuran bunga dan tangkai yg panjang maka tanaman perlu dipupuk dan dipangkas. Lakukan juga perawatan lain spt siram secara teratur, gemburkan tanahnya (setelah beberapa kali penyiraman, maka tanah yg tersiram akan menjadi padat, cungkil dan gemburkan tanahnya secara teratur, paling tidak seminggu atau 10 hari sekali).
Buang segera bunga2 yang sudah layu, jangan biarkan kering di pohon apalagi sampai membentuk biji. Bunga yg dibiarkan akan mengambil sari makanan dari pohon dan menghambat pembentukan bunga baru, membuat bunga menjadi berukuran kecil ataupun bunganya berkurang.

Bila tanaman mawar sudah tinggi, banyak dahannya maka perlu dipangkas. Untuk Indonesia dan negara tropik, pemangkasan pada musim hujan. Negara 4 musim, pangkas saat memasuki musim gugur dan atau awal musim semi. Dengan demikian akan muncul tunas baru yang akan menghasilkan banyak bunga dengan tangkai yang panjang.

2. Mawar merambat / climbing rose / rosier grimpant yang aNa liat di foto di postingan mawar saya sebelumnya bukanlah mawar hutan. Itu adalah mawar hasil budidaya dan hasil persilangan yang dilakukan oleh Meilland (salah satu produsen dan pembibit tanaman mawar yang terkenal di Perancis). Saya gak tau kalo di Indonesia tersedia di mana, mungkin juga belum ada di Indonesia.

3. Pupuk khusus mawar kalo di sini (Perancis) banyak tersedia baik yg organik maupun yg non organik; tapi di Indonesia maaf sekali lagi saya gak tau, karena hampir 9 tahun saya udah gak di sana.

Tapi soal pupuk saya sarankan beri pupuk kandang tapi harus yang sudah kering bener. Kalo susah cari bisa juga beri jenis pupuk apa saja yg untuk bunga. Dekastar saya rasa bisa atau coba gandasil B (kalo gak salah ingat ini gandasil yg utk bunga).
Soal pupuk NPK, kalo untuk merangsang bunga itu yg unsur P & K (Phosfor & Kalium), unsur N adalah untuk merangsang daun.
Cara / tips sederhana lainnya untuk merangsang mawar maupun bunga lainnya berbunga: campuran abu dapur & air. Abu 1 kg dicampur dengan 10 liter air, aduk merata dan siramkan ke tanaman kira2 0.5 liter pertanaman.



!!! Ingat jangan siram daun mawar apalagi saat matahari terik, siram mawar hanya bagian tanahnya dan kalo mau siram daunnya hanya saat sudah gak ada matahari / sore menjelang malam.

4. Untuk membasmi kutu, hama dan penyakit saya gunakan bouille bordelaise, ini adalah campuran yg komponen utamanya adalah cooper dan biasa digunakan untuk tanaman anggur. Saya gunakan ini untuk semua jenis tanaman saya, sayangnya saya gak tau tersedia / gak di Indonesia.Kalo dulu sewaktu di Indonesia, memberantas kutu saya suka pake air tembakau, atau saya bersihkan aja pakai tangan.

Semoga penjelasanku bermanfaat.

PS : *Untuk Anonimus dan siapa saja silakan sebar luaskan tips cara menanam mawar ini kepada siapa saja, asalkan disebutkan sumbernya dari blog ini ya? Karena ini adalah tulisan dan pengalamanku pribadi. Makasih. Salam kenal juga untuk Anonimus, senang berkenalan dengan anda palagi kalo bisa tau namanya :D

*Semua photo mawar adalah hasil jepretan saya dari mawar di taman saya: photo1 adalah rose / mawar Christophe Colombe, yg kedua adalah New Dawn dan terakhir adalah Mawar Sweet dream .


Related Post : Tips Menanam Mawar / Rose / Rosier

4 comments:

  1. Blogs come and go and blogs like yours provide a valuable resource tool for others to learn. Thanks. "Discover Exactly How I Went From a $59 Affiliate Check to $7,975.63 in 2 months and How You Can Too!" work from home

    ReplyDelete
  2. Duh... Luthu na putri ibu...
    Salam dari Indon.
    www.nistainsodop.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. makasih atas sharingnya...
    buat saya yang newbie...ini sangat berguna sekali....

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete